Yuk Investasi Kebaikan dengan Menanam Pohon

 

Google.com

Ini adalah investasi kebaikan. Menanam pohon akan bermakna bagi keberlangsungan kehidupan generasi yang akan datang.

Demikian antara lain dikatakan Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan, pada acara “Nyapedah Sabtu Babarengan (Nyasab) dan Penanaman 700 Pohon” di Bantaran Sungai Citarum, Bojong Asih, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (19/9/2020) pagi.

Di acara itu, puluhan goweser yang tergabung dalam komunitas Nyasab lebih dulu melakukan gowes bareng dari Terminal Leuwi Panjang menuju Bojong Asih. Di sana, para goweser bergabung bersama seluruh rengrengan tim Sektor 7 Satgas Citarum Harum yang dikomadani Kolonel Kavaleri Purwadi untuk melakukan penanaman pohon di sepanjang bantaran Citarum.

Gun Gun Gunawan mengapreasi aksi para goweser ini dalam ikut memperbaiki Citarum. Apresiasi yang sama juga disampaikan Kolonel Kavaleri Purwadi.

Menurut Purwadi, peranserta dan dukungan segenap elemen masyarakat sangat diperlukan dalam ikut merawat Citarum.

“Menjaga lingkungan adalah prioritas. Kerusakan lingkungan saat ini sudah parah. Dalam mengatasinya kita tidak boleh berpikir dan bertindak sektoral,” jelasnya.

Sektor 7 Citarum Harum mencangkup 14 Desa. Selain perbaikan lingkungan Citarum, saat ini yang menjadi prioritas Satgas Citarum Harum adalah soal ketahanan pangan. Lebih-lebih di saat pandemi seperti sekarang ini.

Itu sebabnya selain terus mengupayakan penanaman tanaman keras, seperti sengon dan trembesi, di sepanjang bantaran Citarum, Satgas Citarum Harum juga mengupayakan penanaman sayur-mayur. Dan, ke depannya, juga akan diupayakan menanam pohon buah-buahan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan, yang juga hadir di acara itu, mengatakan bahwa Jawa Barat yang dahulu indah, kini berkurang keindahannya karena kekurangan pohon. Menurutnya, masih banyak lahan kritis di Jawa Barat saat ini. Ia berharap masyarakat ikut berkontribusi dalam ikut menyumbang dan menanam pohon.

“Misalnya, saat nikah atau juga wisuda, bisa menyumbang pohon,” jelasnya.

Dalam kaitannya dengan program Citarum Harum, Epi berjanji pihaknya akan mengupayakan pula pembudidayaan lebah madu di bantaran Citarum.

Sementara itu, koordinator dan aktivis gerakan Nyasab, Heru Prasetyo, menjelaskan bahwa penanaman 700 pohon ini merupakan salah satu bagian dari episode Nyasab.

"Gerakan Nyasab nanti juga akan ikut melakukan penanaman Pohon di Cipongkor dan Gunung Singa,” beber Heru, yang mengenakan polo shirt putih polos berlengan panjang pada acara itu.

Sejak diluncurkan Januari 2019, Nyasab bukan hanya sebatas mengkampanyekan gerakan bersepeda, terutama di kalangan pelajar di Bandung, tetapi juga untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para siswa khususnya, dan masyarakat umumnya, seputar masalah-masalah lingkungan.

 

Sumber:  ayobandung.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkait Beirta Hoax BPA, AMDK Aman Dikonsumsi dan Masih Jauh Dibawah Batas

Total Positif Covid-19 di Kabupaten Bogor Tembus 1.333

Usia Kandungan 4 Bulan, Paula Verhoeven Mulai Kurangi Aktivitas